banner saya
MASIGNCLEAN101

Ebook; Umar Bin Khattab sang Khalifah kedua Kekhalifahan Rasyidin

Ebook; Umar Bin Khattab sang Khalifah kedua Kekhalifahan Rasyidin

    Ketegasan sikap dan kebijaksanaan Umar Bin Khattab, dengan kecenderungan selalu mengutamakan musyawarah, juga politiknya dalam mengendalikan pemerintahan serta hubungannya dengan pihak luar, patut sekali menjadi studi tersendiri yang akan cukup menarik. Akan kita lihat bahwa yang tampaknya benar-benar menggoda Umar dan menjadi incarannya ialah daerah-daerah jajahan. dari Irak sampai ke Azerbaijan dan Armenia yang menjadi jajahan Persia, Syam (Yordania dan Palestina) sampai ke Mesir dan Afrika Utara yang dijajah oleh Bizantium (Rumawi). Sampai pada waktu itu, bangsa-bangsa dan penduduk masih selalu dalam ketakutan kepada kedua raksasa itu yang bila sudah berkuasa berlaku zalim dan memaksakan kehendak mereka kepada penduduk negeri jajahannya.

    Sasaran utamanya ia ingin membebaskan mereka yang masih dalam genggaman kedua penjajah raksasa itu, dan sesudah dibebaskan pemerintahan diserahkan kepada penduduk negeri. Mereka dilepaskan untuk memerintah negeri sendiri. Umar adalah tokoh pembebas pertama bangsa-bangsa dari kekuasaan penjajah. Di masanya inilah Islam berkembang sampai ke Persia, Asia Barat, Mesir dan Afrika Utara. Orang bertanya-tanya: Mengapa agama Islam dan bahasa Arab tidak diharuskan kepada negeri-negeri yang sudah di bawah kekuasaannya? Memang banyak tindakan Umar yang pada mulanya dianggap aneh. Umar memberi kebebasan beragama sepenuhnya kepada penduduk negeri. Juga ia menghendaki adanya kebebasan berdakwah dan membiarkan Muslimin memberikan pelajaran agama kepada penduduk yang masuk Islam. Itu saja sudahlah cukup buat dia, yang pada masa kekuasaan Persia dan Rumawi hal yang tidak mungkin terjadi. Apalagi yang selama itu pajak yang dibebankan kepada rakyat

begitu berat, kini sudah jauh lebih ringan, seperti yang kemudian kita lihat ketika Islam masuk di Mesir.

Kedaulatan Islam yang berdirinya telah dirintis oleh Abu Bakr, oleh Umar diperluas dan berkembang dari perbatasan Cina di timur sampai ke seberang Sirenaika (Cyrenaica) di barat, dan dari Laut Kaspia di utara sampai ke Nubia di selatan.

    Sudah seharusnya kita menempatkan diri lebih akrab dengan biografi tokoh-tokoh besar dalam sejarah. Khusus dalam sejarah Islam, sesudah Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam, nama Umar bin Khattab terasa yang paling menonjol di kalangan umat Islam, juga di luar — di samping nama-nama para sahabat Nabi yang lain. Peranannya dalam ijtihad dan pengaruhnya terhadap perubahan pandangan orang, besar sekali. Salah satu segi yang menarik misalnya, masalah fikih.

    Pada bab ini, ane akan share referensi tentang Umar Bin Khattab berupa ebook. Silahkan jika teman-teman minat bisa langsung unduh saja ya, karena tidak menurup kemungkinan beberapa waktu kedepan file sudah tidak ada lagi, karena gdrive yang dipakai sering kelebihan file.

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa follow blognya ya, untuk nikmati sajian2 post yang lebih menarik selanjutnya. 



Share This :
Anwar

Keberhasilan Dakwah melalui Evaluasi Berkelanjutan Part - 1

Mereka yang berdakwah pasti beranggapan bahwa pemahamannya terhadap syariah itu benar, meski bisa saja salah. Demikian pula, Anda harus bera...