banner saya
MASIGNCLEAN101

Pemahaman Tentang VCC dalam Elektronika

Pemahaman Tentang VCC dalam Elektronika
Pemahaman Tentang VCC dalam Elektronika


        Pada sebuah rangkaian elektronika, contoh seperti di atas. terdapat pin/kaki dengan tulisan Vcc.
tulisan tersebut sering kita jumpai pada rangkaian elektronika, kadang hal sepele seperti ini menjadi sesuatu yang susah bagi siswa ketika berhubungan langsung pada suatu alat, misal ketika melakukan praktikum, melakukan uji simulasi di komputer atau menemukan pada buku.

        Secara sederhana, VCC menunjukan pin yang harus disambung pada muatan positif. biasanya berukuran 5V,3V,12V dsb.
        Nama ini bermula, ketika transistor khususnya (Bipolar Junction Transistor, BJT) biasa hanya disebut transistor. komponen komponen elektronik aktif hampir semua terdapat transistor jenis BJT. bahkan dalam sebuah IC terdapat jutaan transistor aktif yang saling terhubung satu sama lain.
        Transistor memiliki 3 kaki yaitu Collector, Basis, Emiter. disebut dengan VCC sebab menyatakan kaki tegangan pada Collector. jadi istilah VCC menyebut tegangan pada kaki collector. pada kaki emiter disebut dengan VEE dan dikaki Base yaitu Ground.
        Istilah VCC terus sampai pada saat ini yang mana istilah tersebut digunakan juga pada komponen atau rangkaian yang tidak terdapat transistor. dalam rangkaian elektronika VCC merupakan power suply positif dan VEE merupakan power suply negatif.

Jika ditanya dalam pelajaran, Berapa nilai VCC yaitu tegangan positif bisa 3V, 5V, 12V dsb.

Pengertian VCC sangat penting dipahami. jika tidak, akan sangat beresiko rusaknya peralatan elektronika anda.

Share This :
Anwar

Ahirnya saya memilih Motor Listrik Polytron Fox S sebagai teman berkendara

Di era modern ini, dimana kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat, banyak masyarakat yang mulai beralih ke kendaraan yang lebih ram...