banner saya
MASIGNCLEAN101

Renungan Dropshipper, Akibat menggunakan platform pihak ke 3 - Scrape & Upload Bigseller

Renungan Dropshipper, Akibat menggunakan platform pihak ke 3 - Scrape & Upload Bigseller

        Saya adalah pengguna loyal di platform Bigseller sejak 2020, mula mula saya membuat toko di platform toko Ijo, untuk awalnya hanya upload manual berlangsung selama 3 bulan hingga mencapai 1200an produk, gimana ?? kebayang kan capeknya :). Karena terus terusnya ngeluh, hehe. terbesitlah pikiran ada tidak ya alat untuk scrape dan upload otomatis, setelah cari - cari ahirnya dapat link dari rekan yang dia adalah pemakai lama Bigseller.


        Setelah mendapatkan cukup informasi tentang bigseller tentang keamanan aktivitasnya, kemudahan scrape dan upload bahkan terdapat fitur management boost untuk fitur naikkan produk. mereka klaim telah bekerja sama dengan beberapa marketplace, secara otomatis saya langsung tertarik menggunakan platform tersebut.
        Pada toko Ijo sebut saja Tokopedia, saya menggunakan platform tersebut hanya sebagai alat untuk ambil produk saja (scrape), untuk upload saya tetap melakukan manual yaa. sejalan dengan pengguaan bigseller dan selama itu saya menjalankan toko, ahirnya hampir genap 2 tahun, pada bulan ini toko saya benar-benar telah berakhir. BERAKHIR!! tidak ada kesempatan lagi. Saya telah menghubungi suctomer service namun akun tetap tidak bisa dipulihkan. Karena telah melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia poin B No 12 sehingga toko dimoderasi.
        Alasan toko ditutup adalah "Toko Anda dalam status moderasi permanen" ditemukan adanya indikasi crawling/scraping. di mana di 2 tahun tersebut reputasi toko saya benar - benar semakin baik. Rating toko 4.8, jumah produk hampir 5000an, ulasan 96% pembeli puas, dan tentu level Badge toko saya yang lumayanlah.

Pelajaran yang di dapat.
        Benar bahwa tidak ada yang instan, semua butuh ‎proses. Jika dulu saya cukup bersabar dan lebih banyak belajar tentu saya tidak akan menggunakan cara - cara instan yang melewati batas, dalam kasus ini (menembus sistem pada platform Tokopedia menggunakan pihak ke 3). Tentu boleh menggunakan cara instan namun dalam batasan yang wajar dan legal. Sepenuhnya saya tidak menyalahkan pihak Bigseller, karena bigseller selama 2 tahun itu telah membantu penjualan toko yang lebih baik. Dengan pertimbangan - pertimbangan ke depan menggunakan ini lagi atau platform pihak ketiga yang semacamnya apakah akan woth it atau tidak. Silahkan teman - teman bisa agar lebih bijaksana.

Semua akan diganti lebih baik.
        Saya yakin bahwa ketika kita kehilangan sesuatu, walaupun itu karena salah kita, nantinya kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik, kejadian ini juga membawa pandangan saya lebih luas. bahwa berjualan tidak hanya melalui marketplace, karena marketplace juga membuat sistem dimana dia akan menjaga sistemnya. sehingga disetiap beberapa aktivitas transaksi kita di Tokopedia bahkan di toko online lainnya, tidak disarankan untuk melakukan transaksi di luar toko, seperti melalui whatsapp dsb.
        Pada akhirnya kita akan bergantung kepada platform tersebut selamanya, karena seluruh aktivitas jual beli kita dari mendapatkan pesanan, memproses, mengirim, chat dengan pembeli, follower toko, nomor hp pembeli, ulasan pembeli. Secara tidak langsung ini adalah milik toko ijo tersebut, kita tidak mempunyai kuasa untuk mengumpulkan setidaknya data dari pembeli sebelumnya.

        Penting bagi kita untuk segera mungkin membuat website sendiri atau platform, apalah!! apa saja :), dimana kita bisa membuat branding, membangun list building, mengcreate canvas model bisnis ala kita, yang mana akan memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada pelanggan. kita berharap bahwa jual beli ini tidak dilakukan hanya dalam 1x, 2x transaksi tetapi terus menerus. 

Share This :
Anwar

Keberhasilan Dakwah melalui Evaluasi Berkelanjutan Part - 1

Mereka yang berdakwah pasti beranggapan bahwa pemahamannya terhadap syariah itu benar, meski bisa saja salah. Demikian pula, Anda harus bera...