banner saya
MASIGNCLEAN101

Alur Pembuatan Video; Pendingin Tata Udara Pemasangan AC

Alur Pembuatan Video; Pendingin Tata Udara Pemasangan AC
Pendingin Tata Udara Pemasangan AC. berikut urutan narasi langkah - langkah pemasangan AC split.

NO
Langkah
Narasi
1
Pembukaan
Salam, saya akan menyampaikan bagaimana cara memasang AC split.
2
Menyiapkan alat dan bahan
Yang pertama, kita siapkan alat dan bahan pemasangan AC split, alat terdiri atas tang tumpul, braket outdoor, blower, 2 buah kunci inggris, palu, tatah, kunci pas 12-13, kunci L kecil, alat pliring/alat pelebur ujung pipa AC, pemotong pipa AC, mata bor nomor 6 & 10, mata bor bobok diameter 5 cm, bor listrik beton, meteran, waterpas, ballpoint, tangga lipat. Perlengkapan terdiri dari duck tape/blended, bracket outdoor/blower, isolasi hitam, pipa AC,kabel.
3
Prosedur K3
Kita pakai alat pelindung diri, agar proses pemasangan AC split aman.
4
Standar pemasangan
Yang harus diperhatikan dalam pemasangan AC antara lain
1.       Tinggi indoor, standar…
2.       Jarak maksimal outdoor dan indoor, satndar maksimalnya adalah….
3.       Panjang pipa yang harus digunakan

5
Pemasangan braket indoor
Pemasangan ini yang pertama dilakukan adalah
1.       Mengukur jarak braket dengan tembok agar tidak terlalu ketinggan juga tidak terlalu pendek, standar…
2.       Mengukur jarak lubang keluaran pipa indoor AC dengan braket
3.       Melubangi tembok untuk jalur pipa ke outdoor
6
Pemasangan Indoor
Pemasangan indoor dilakukan setelah pemasangan bracket, pastikan bracket terpasang dalam keadaan lurus agar pemasangan indoor AC tidak miring. Pasang kabel power pada indoor, Kemudian pasang kabel kiriman dari indoor ke outdoor setelah selesai dipasang, kemudian kabel kiriman dijadikan 1 dengan drainase dan pipa AC yang ada di Indoor. Kemudian dimasukan kedalam tembok yang telah dilubangi.
7
Pemasangan Bracket Outdoor
Pemasangan dilakukan dengan mempertimbangkan  tinggi rendahnya outdoor, pastikan pemasangan outdoor tidak menghadap matahari agar daya yang dibutuhkan tidak terlampau banyak. Pastikan saat pemasangan braket jarak kaki outdoor AC diukur, agar pemasangan outdoor AC bisa presisi. Pemasangan kemiringan outdoor AC sangat dipengaruhi oleh pemasangan braket.  Pemasangan braket yang lurus maka pemasangan outdoor akan lurus
8
Pemasangan Outdoor
Pemasangan outdoor diletakan diatas braket dieratkan dengan menggunakan baut dan mur.
9
Pliring Pipa
Tujuan pliring pipa yaitu, melebarkan ujung pipa supaya bisa di sambungkan. Pada saat pliring harus center agar ujung pipa tidak pecah.
10
Pemasangan Pipa AC
Ambil pipa yang sudah dipliring tadi kemudian dipasang antara indoor dan outdoor dan pastikan bahwa jarak pipa tidak melebihi 10 m, Karena bisa menyebabkan AC tidak dingin, kemudian terapkan ujung pipanya pada sambungan pipa indoor lalu kencangkan nepelnya menggunakan kunci inggris,pakai kunci tersebut dua-duanya karena yang satu untuk menahan dan satunya untuk mengencangkan, begitu yang satunya. Perlu di ingat saat nepel dikencangkan jangan sampai terlalu kencang atau tidak kencang bisa mengakibatkan kebocoran freon. Setelah penyambungan selesai, lalu tempelkan dengan kabel dengan menggunakan blebed sampai ujung pipa.
11
Flashing
Flashing ini bertujuan menghilangkan angin dalam pipa supaya tidak tercampur dengan Freon, setelah selesai di pliring kemudian pipa disambung dengan nepel outdoor. Semua instalasi pipa sudah tersambung. Lalu menyambung power AC dengan sumber tegangan
12
Penambahan Freon
Dilakukan setelah AC hidup / menyala agar tekanan tidak terlalu tinggi saat pengisian/penambahan freon, apabila kondisi AC mati maka tekanannya akan besar, apabila di isi freon maka Freon tidak akan masuk ke AC, penambahan Freon ini standarnya 70-80 psi.
13
Penutup
Baik, sampai disini pemasangan AC split selesai. Terimakasih. salam

    Naskah diatas adalah alur pembuatan video saya dan kelompok kelas tenaga listrik yang kami rekam, namun sayangnya rekamannya tidak kami unggah. lebih lanjutnya teman teman bisa kontak saya melalui email, cek email ke menu bar web TENTANG >> SAYA, ada di bagian tulisan paling bawah.
Semoga yang singkat ini bisa memberikan inspirasi buat teman teman, kurang dan lebihnya dalam publikasi tulisan semata mata keterbatasannya pengetahuan dari penulis.
terimakasih semoga berkenan.
Wassalamualaikum wr wb.
Share This :
Anwar

Keberhasilan Dakwah melalui Evaluasi Berkelanjutan Part - 1

Mereka yang berdakwah pasti beranggapan bahwa pemahamannya terhadap syariah itu benar, meski bisa saja salah. Demikian pula, Anda harus bera...